Sensitive Data Exposure: Mengambil alih semua akun, akunmu = akunku.

Aminudin
3 min readJul 25, 2022

--

Sensitive Data Exposure vulnerabilities can occur when a web application does not adequately protect sensitive information from being disclosed to attackers. This can include information such as credit card data, medical history, session tokens, or other authentication credentials. ~ Port Swigger

Halo semuanya,

Disini saya akan membahas bagaimana cara saya mengambil alih semua data akun baik Database sampai dengan API Token Digitalocean pada sebuah website NFT Music Marketplace. Pertama pekerjaan saya yang utama bukan BugBounty hunting, tapi disini saya hanya kadang suka iseng mencari bug/pentesting diwaktu luang saya. Jadi, disini saya hanya pemula dan maaf jika ada salah salah kata.

Ok langsung saja, untuk hal pertama yang saya lakukan disini saya iseng iseng melakukan inspect element dan langsung menuju ke tab sources

Dibagian Sources ini saya hanya fokus kedalam script javascript, karena yang biasanya ada data sensitive saya pikir dibagian javascriptnya saja. Pertama yang saya pikirkan adalah mencari kata kunci yang sekiranya adalah variable / value dari sensitive data seperti username:, password: atau jika mencari halaman admin dll bisa search dengan kata kunci http://, https://.

Nah, untuk case disini saya pertama cari di home websitenya terlebih dahulu dengan kata kunci seperti username, password dll tapi tidak ketemu, nah tapi ketika saya coba search dengan https:// ada yang memancing mata saya

Setelah saya coba kunjungi dan boom!!! yaps bener ada halaman login untuk admin. Tapi, sampai disini bingung, mau saya apakan halaman login ini ? sedangkan saya tidak punya username dan passwordnya, disitu saya tidak berpikir untuk coba membypass halaman login tersebut tapi saya langsung coba untuk inspect element lagi dan pergi ke sources dengan kata kunci username:, password:. Dan booom!!!

Saya dapetin source dari kibana, couchdb dll dan sudah tersedia username dan passwordnya, dari situ saya coba login ke portainernya yang dimana isinya adalah untuk memanage container dari semua isi websitenya dan terdapat env envnya :

Dari situ merembet saya bisa dapetin Private Key Near account, git account dan yang paling sensitive adalah API Token Digitalocean, dengan itu saya bisa memanage droplet, projects semuanya yang ada di digitalocean milik mereka :

Timeline :

~ 24 July 2022 : Bug Reported

~ 24 July 2022 : Confirmed and he said I will be rewarded with 250 NEAR ( $1080 rate at 24 july ) after mitigations complete

~ 26 July 2022 : Bug Fixed & Reward Landed

--

--